ANIMASI

Animasi adalah gambar hidup yang digerakkan dari sekumpulan gambar, yang memuat tentang objek dalam posisi gerak yang beraturan. Objek tersebut bisa berupa orang, benda atau tulisan.

Gerakan animasi yang statis menghasilkan suatu gerak yang halus dan tidak terputus – putus, sehingga membuat kita berfikir bahwa seolah – olah objek yang dianimasikan itu bergerak.

Istilah Animasi biasanya digunakan dalam film, komputer, video dan bahkan kini dikenal dalam dunia game. Pada dunia film, animasi yang dihasilkan dari gambar yang dibuat dikertas di kenal sebagai film kartun. Istilah kartun ini kadang – kadang diartikan sebagai gambaran kehidupan nyata yang di Expresikan dalam gambar coretan yang bergerak.

MACAM – MACAM BENTUK ANIMASI

Ada banyak cara untuk menciptakan animasi tergantung dari media yang di gunakan. Media itu dapat berupa bidang flat atau dimensional.

Pembuatan animasi bidang flat atau lebih di kenal dengan animasi 2D, menggunakan gambar, lukisan atau foto. Sedangkan pembuatan animasi bidang dimensional atau lebih di kenal dengan animasi 3D, menggunakan tanah liat, mainan, bahkan menggunakan manusia sebagai objek.

Dengan berkembangnya ilmu komputer, berkembang pula software – software yang digunakan untuk mendukung pembuatan animasi 2D maupun 3D.