Menurut penelitian saat ini Kanker leher rahim atau kanker serviks menjadi penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi untuk para wanita di Indonesia. Ini salah satu penyakit yang paling saya takutkan mudah-mudahan kita terhindar dari penyakit ini.Penyebab penyakit kanker leher rahim disebabkan oleh HPV ( human papiloma virus). Pemicu awal penyakit ini mungkin beberapa diantaranya disebabkan dari kebiasan kita sendiri tapi karena tidak tahu apa yang kita lakukan itu salah,misalnya :

– Seringnya mencuci vagina dengan antiseptik walaupun tanpa anjuran dokter. Banyak anti septic yang menyebabkan iritasi pada leher rahim dan anti septic juga bisa membunuh kuman baik di vagina yaitu Basillus Doderlain penghasil asam laktat yang menjaga kelembaban daerah kewanitaan.

– Kebiasaan merokok adalah salah satu pemicu penyakit ini .

– Seringnya menaburi vagina dengan bedak sehingga menimbulkan iritasi.

– Melakukan hubungan seks terlalu dini.

– Penggunaan Hormon Estrogen bagi wanita yang telah menopause secara tidak terkontrol.

– Kebiasan makanan yang banyak mengandung lemak, oleh karena itu makanlah makanan yang sehat yang banyak mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan.

– Penggunaan pil KB yang terlalu lama.

Gejala awal penyakit ini dimulai dengan keputihan yang berlebihan, berbau busuk , berwarna pink atau kecoklatan , bisa juga disertai pendarahan. Menstruasi abnormal dan nyeri saat berhubungan seksual.Jika terjadi demikian segeralah periksa ke dokter.

Jika anda wanita berumur diatas 30 tahun dan telah menikah dianjurkan untuk secara rutin melakukan pemeriksaan Pap smear setahun sekali . Jika penyakit ini diketahui lebih dini harapan sembuh akan lebih besar.

Saat ini di Indonesia telah tersedia Vaksin untuk pencegahan penyakit kanker leher rahim, dan akan lebih effektif jika diberikan pada wanita usia antara 16 sampai 29 tahun yang dilakukan bertahap sebanyak 3 kali. Yaitu bulan pertama, kedua dan diulang pada bulan ke 6. Tapi harga vaksin ini masih terbilang mahal untuk ukuran masyrakat kita.

Menjalani hidup sehat sangat dianjurkan bagi para wanita jika ingin terhindar dari penyakit ini.