Penyakit kanker rahim atau serviks ini sangat mudah menyerang wanita yang produktif. Jadi bagi wanita yang superaktif tidak salah menjaga dan cukup perhatian terhadap penyakit ini. Apalagi bagi wanita yang paling aktif merokoknya dan tidak suka mengkomsumsi buah-buhan juga sayur-sayuran. Penyakit serviks sebagian besar berlangsung tanpa gejala. Dan ini diserang melalui alat produksi wanita menginfeksi kulit dan lapisan lendir yang banyak mukosa yaitu daerah vagina. Jadi untuk menghindari kanker rahim atau serviks ini adalah:

· Lakukan pemeriksaan atau deteksi dini. Jangan biarkan virus tersebut yang bernama HPV kedalam tubuh anda, jadi secepat dini anda melakukan pemeriksaan dengan cepat sehingga anda merasa nyaman

· Jaga kesehatan vagina. Apabila anda buang air kecil cucilah alat kelamin anda atau vagina secara bersih dan jangan gunakan sabun yang sembarangan juga, sehingga kuman tidak gampang masuk dan menyerang.

· Obat antiseptic khusus bagi vagina. Didalam vagina terdapat bakteri yang menghasilkan asam. Bakteri itu khusus berfungsi membunuh kuman-kuman didalam vagina, jadi kalau terlalu sering membersikan dengan mengunakan antiseptic maka kuman yng dihasilkan asam tersebut akan ikut terbunuh.

· Gunakan alat kontrasepsi. Penyakit menular seks terjadi karena melakukan hubungan intim, jadi gunakanlah alat kontrasepsi apabila diperlukan untuk mencegah vagina dati berbau atau keputihan.

· Kurangi mengunakan Pantyliners. Gunakan pantyliners pada waktu tertentu agar vagina tidak lembab. Dan bisa menyebabkan kuman datang. Jadi kurangi dan jaga keaman daerah vagina anda.