Pasti kita udah familiar sama yang namanya Search-Engine, sistem pencarian di internet yang bisa membantu kita menemukan ribuan files yang kita inginkan, dalam hitungan detik. Hebat ???? Nanti dulu. Kalau gak pintar – pintar menggunakan mesin pencarian ini bisa sangat menyebalkan loch…

Jadi, “Jinakkan” dulu sebelum mulai memakainya !!!!

Gini Nih Caranya…

1. Gunakan Tanda plus ( + ) untuk Menambah

Trik ini digunakan kalau kita mau meyakinkan bahwa si search Engine betul” mencari file yang mengandung semua kata yang kita ketik. misalnya, kalau mau mencari halaman yang ada tentang Lucky Perdana sekaligus juga Agnes , maka kamu mesti mengetik : + lucky+ Perdana + Agnes. jadi, halaman yang muncul benar” yang terbatas pada file yang terdapat dua nama ini. sementara halaman yang HANYA mengandung Lucky Perdana saja atau Agnes saja, tidak ikut keluar. Tanda Plus Berguna sekali untuk membatasi informasi yang kita cari supaya hasil pencariannya tidak kebanyakan.

2. Gunakan Tanda minus ( – ) untuk mengurangi

Trik ini kita gunakan kalau kita ingin si Search Engine mencarikan halaman yang spesifik. Misalnya, kamu ingin tahu tentang Personil ss501, Tapi kamu sudah bosan tentang info ss501 di Film BBF. Maka kamu harus menulis : ss501-Boys-before-Flower. Jadi, halaman yang keluarpun murni tentang Personil ss501.

3.  Gunakan tanda Kutip (“) untuk mengalikan

Nah trik ini digunakan untuk hasil pencarian yang benar” spesifik. Misalnya kamu pengen tau tentang lagu terbaru Banyoo Band (Lelah hati), sulit sekali untuk mencari infirmasi yang masuk karna kata” judul lagu Lelah hati begitu umum. Coba ketik “lelah hati”. Kamu akan mendapatkan hasil yang terbaik.

4. Search Engine Pilihan

Kita juga mesti jeli dalam memilih Search Engine yang sesuai dengan kebutuhan. Ada sejumlah Search Engine yang lengkap sekali, tapi kadang kala kebanyakan info justru membuat kita bingung. Nah, ini beberapa Search Engine besar yang bisa dilirik:

Yahoo.com, merupakan data Base dari berbagai situs yang membagi pencarian  jadi kategori. Yahoo memang tidak mencari keseluruh jaringan internet, tapi bagusnya kita jadi tidak mendapatkan terlalu banyak info yang membuat kita bingung.

Google.com, Search Engine yang berbasis riset stanford unifersity, jadi sangat akurat dan berkualitas. Cocok  sekali untuk pencarian artikel (dan gossip)

Altavista.com, Search Engine yang cepat dan amat sangat lengkap karna benar” mencari keseluruh jaringan. Kalau tidak ingin bingung karna kebanyakan info, jangan kesini.

Infoseek.go.com, Pencarian berdasarkan kata atau kategori. Punya menu khusus yang membantu kita membatasi pencarian berdasarkan tempat, tanggal, atau criteria” lain. Kita bahkan bisa mencari alamat Email di tempat ini.

Askjeeves.com, bisa menggunakan bahasa sehari”, jadi mestinya lebih mudah dan nyaman.

Cobain Juga:

  • lycos.com
  • alltheweb.com
  • northernlight.com
Dabn yang Local:
  • naver.co.id
  • searchindonesia.com
  • linkinindonesia.com