jalur akses yang paling Wi-Fi dan router kapal dengan fitur yang disebut hardware atau alamat MAC filtering. Fitur ini biasanya diaktifkan “off” oleh produsen, karena memerlukan sedikit usaha untuk mengatur dengan benar. Namun, untuk meningkatkan keamanan Wi-Fi LAN (WLAN), sangat memungkinkan dan mempertimbangkan menggunakan alamat MAC filtering.

Tanpa penyaringan alamat MAC, setiap klien nirkabel dapat bergabung (otentikasi dengan) sebuah jaringan Wi-Fi jika mereka tahu nama jaringan (juga disebut SSID) dan mungkin beberapa parameter keamanan lainnya seperti kunci enkripsi. Bila alamat MAC filtering diaktifkan, bagaimanapun, titik akses atau router melakukan pemeriksaan tambahan pada parameter yang berbeda. Jelas lebih cek yang dibuat, semakin besar kemungkinan mencegah pembobolan jaringan.

Untuk mengatur alamat MAC filtering, anda sebagai administrator WLAN harus mengkonfigurasi daftar klien yang akan diizinkan untuk bergabung dengan jaringan. Pertama, mendapatkan alamat MAC dari klien masing-masing dari sistem operasi atau utilitas konfigurasi. Kemudian, mereka memasukkan alamat tersebut ke dalam layar configuratin titik akses nirkabel atau router. Akhirnya, aktifkan pilihan penyaringan.

Setelah diaktifkan, setiap kali titik akses nirkabel atau router menerima permintaan untuk bergabung dengan WLAN, itu membandingkan alamat MAC dari klien dengan daftar administrator. Klien pada daftar mengotentikasi seperti biasa, klien tidak pada daftar tersebut yang menyangkal akses ke WLAN.

alamat MAC pada klien nirkabel tidak dapat diubah karena mereka dibakar ke dalam perangkat keras. Namun, beberapa klien nirkabel memungkinkan mereka alamat MAC untuk menjadi “menyamar” atau “palsu” dalam perangkat lunak. Ini tentu mungkin bagi seorang hacker bertekad untuk masuk ke WLAN Anda dengan mengkonfigurasi klien mereka ke salah satu alamat Anda spoof MAC. Meskipun penyaringan alamat MAC tidak antipeluru, masih tetap lapisan tambahan membantu pertahanan yang meningkatkan keamanan secara keseluruhan jaringan Wi-Fi.

Jangan bingung penyaringan alamat MAC dengan konten filtering. Penyaringan isi pada titik akses nirkabel atau router memungkinkan administrator untuk mempertahankan daftar situs Web URL atau alamat yang tidak boleh diakses dari WLAN rumah.