Dalam jaringan komputer, MAC Filtering (atau EUI penyaringan, atau penyaringan alamat lapisan 2) mengacu pada metodologi keamanan akses kontrol dimana alamat 48-bit untuk tiap kartu jaringan yang digunakan untuk menentukan akses ke jaringan.

alamat MAC yang unik yang ditetapkan ke kartu masing-masing, sehingga dengan MAC filtering pada jaringan izin dan menolak akses jaringan ke perangkat tertentu melalui penggunaan blacklist dan whitelists. Sedangkan pembatasan akses jaringan melalui penggunaan daftar sangat mudah, seorang individu tidak diidentifikasi dengan alamat MAC, bukan hanya perangkat, sehingga orang yang berwenang akan perlu memiliki entri daftar putih untuk setiap perangkat bahwa ia akan menggunakan untuk mengakses jaringan.

Sementara jaringan nirkabel memberikan beberapa perlindungan tambahan, MAC Filtering dapat dielakkan dengan memindai MAC yang valid (melalui airodump-ng) dan kemudian mengubah MAC sendiri menjadi satu divalidasi. Hal ini dapat dilakukan di Registry Windows atau dengan menggunakan alat commandline pada platform Linux.