“Kalau dimakan, pepaya dapat memperlancar pencernaan dan mempermudah buang air besar. Tetapi, kalau dijadikan masker bagaimana ya?”

Sebenarnya pepaya adalah salah satu buah terbaik yang dapat dijadikan bahan perawatan kulit. Sumber vitamin A, C dan enzim papainnya dapat membantu memecah sel-sel aktif dan membersihkan pori-pori serta menghilangkan sel-sel kulit mati.

Hal terbaik dari buah ini, kandungan garamnya sedikit, sehingga retensi air juga sedikit. Hasilnya, apabila diaplikasikan pada kulit, maka pori-pori akan lebih bersih, kulit juga tercukupi kebutuhan airnya.

Sebagai masker, tugas utama pepaya adalah membersihkan pori dan membantu menghilangkan sel-sel kulit matinya. Bahkan, pepaya dianggap buah yang sangat lembut dalam mengelupaskan lapisan kulit dengan teknik yang alami.

Sebagai masker kaki

Memiliki kulit kaki yang kasar dan pecah-pecah, terutama pada lutut, dan tumit, sangatlah mengganggu penampilan. Apalagi kalau ingin memakai heels, rasanya jadi kurang percaya diri.

Cara mengatasi hal ini dengan masker pepaya adalah menggosokkan pepaya yang sudah ditumbuk di bagian yang retak dan kasar. Diamkan sejenak, kemudian bilas.

Lakukan cara ini setiap hari untuk membuat kulit Anda jadi halus dan lembut.

Memutihkan wajah

Pepaya juga mengandung alpha hydroxy acid yang dikenal sebagai komponen anti aging dan dapat membantu mencerahkan kulit. Aplikasikan masker pepaya selama 5 menit di area wajah, kemudian bilas dengan air dingin.

Sebagai masker wajah, pastikan Anda membilas pepaya sampai bersih dari kulit karena apabila diaplikasikan terlalu lama akan menyebabkan kulit terlalu kering dan bahkan iritasi pada kulit sensitif.

Anti penuaan dini

Hancurkan pepaya sampai halus dan campur dengan susu bubuk. Aplikasikan pada kulit wajah Anda dan biarkan mengering maksimal 5 menit. Bilas dengan air dingin, maka kerutan di wajah akan menghilang secara bertahap.

Menghilangkan bekas jerawat

Aplikasikan masker pepaya yang dicampur dengan tepung beras, biarkan selama 5 menit pada wajah dan kemudian bilas sampai bersih dengan air dingin. Cara ini membantu menghilangkan bekas hitam di wajah baik yang disebabkan oleh jerawat maupun sinar matahari.

Exfoliator alami

Tumbuk pepaya dan campurkan dengan madu. Aplikasikan pada seluruh wajah untuk melembabkan dan melepaskan sel-sel kulit mati dengan cara yang alami.

Anda bisa mencoba cara-cara di atas untuk merawat wajah dengan pepaya. Jangan lupa, selalu bilas sampai bersih dan jangan tinggalkan residunya malah menyumbat pori-pori ya.

Iklan